Sabtu, 26 Agustus 2023

Pensiun dini adalah suatu kesalahan, anda akan membayarnya dengan sisa hidup anda

Tags


 Jika Anda pensiun terlalu cepat, "Anda akan membayar seumur hidup," Jim Cramer, pembawa acara "Mad Money" dan Klub Investasi CNBC memperingatkan.

Faktanya, orang-orang yang pensiun beberapa dekade lalu seharusnya bisa menabung "lebih banyak uang" daripada yang mereka kira, kata Cramer kepada Make It di CNBC. “Banyak orang menentang diri mereka sendiri. Mereka mempertaruhkan nyawa mereka. Cramer juga skeptis terhadap gerakan yang dikenal sebagai FIRE, yang merupakan singkatan dari "Kemandirian Finansial, Waktu Pensiun". Dengan FIRE, tujuannya adalah berinvestasi sebanyak mungkin - antara 50% dan 75% dari penghasilan Anda - sehingga Anda dapat pensiun di usia 30 atau 40an. “Saya berbicara dengan banyak orang yang ingin pensiun dini,” kata Cramer. “Mereka tidak ingin meninggalkan dunia tanpa melakukan sesuatu yang istimewa. Mereka ingin mendaki Machu Picchu. Mereka ingin melihat piramida. Mungkin mereka ingin mendaki Everest.

Namun, gaya hidup seperti itu mahal, dan banyaknya pengeluaran yang menumpuk beberapa dekade setelah pensiun dapat dengan cepat merusaknya, kata Cramer. Misalnya, Anda mungkin membeli rumah bagus yang tidak mampu Anda beli, melakukan perjalanan lebih dari yang diharapkan, atau memiliki masalah kesehatan yang tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan Anda. Meskipun Jaminan Sosial dan Medicare memberikan sejumlah bantuan keuangan di masa pensiun, rencana ini tidak mencakup semua, jika ada, biaya pengobatan Anda, yang bisa menghabiskan biaya puluhan, terkadang puluhan ribu dolar. Pada akhirnya, Anda tidak tahu berapa banyak uang yang Anda perlukan, terutama jika Anda berencana pensiun lebih dari 30 tahun, kata Cramer.

Kebutuhan Anda juga berubah seiring bertambahnya usia, katanya. Anda mungkin memutuskan untuk pensiun dini, dan memutuskan untuk membelanjakan uangnya untuk hal-hal yang membuat hidup Anda lebih baik, seperti jalan-jalan menemui keluarga atau hadiah untuk anak-anak Anda.

Dengan pensiun dini, Anda mungkin tidak bisa menambah penghasilan pensiun di kemudian hari. "Banyak yang menilai. Alasannya, 'Saya selalu bisa pensiun,'" ujarnya. Namun bagi banyak pensiunan, "hal itu tidak akan terjadi".

artikel selangkapnya



EmoticonEmoticon

affiliate 728 x 90